Jumat, 05 Oktober 2012

Tugas 1 Etika dan Etiket

1. Perbedaan Etika dan Etiket
a. Etiket menyangkut suatu cara perbuatan yang harus dilakukan manusia sedangkan Etika menyangkut apakah sebuah perbuatan boleh dilakukan atau tidak.
b. Etiket hanya berlaku dalam pergaulan,  jika tidak ada orang lain atau saksi mata maka tidak berlaku sedangkan Etika tidak tergantung ada atau tidak nya saksi mata atau pun orang lain.
c. Etiket bersifat relatif sedangkan Etika lebih bersifat absolut.
d. Etiket hanya memandang manusia dari segi lahiriah nya saja sedangkan Etika menyangkut segi dalam manusia.
e. Etiket  mempelajari sopan santun yg diperlukan dalam pergaulan sedangkan Etika mempelajari yang baik dan yang buruk.

2. Etika Profesi Akuntansi merupakan karakteristik suatu profesi yang membedakan suatu profesi dengan profesi lain, yang berfungsi untuk mengatur tingkah laku para anggotanya.

3. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Pelanggaran Etika :
a. Kebutuhan Individu
b. Tidak ada pedoman
c. Perilaku dan kebiasaan Individu yang terakumulasi dan tidak dikoreksi
d. Lingkungan yang tidak etis
e. Perilaku dari komunitas
4. Jenis- jenis Etika :


a. Etika Deskriptif
Etika yang menelaah secara kritis dan rasional tentang sikap dan perilaku manusia, serta apa yang dikejar oleh setiap orang dalam hidupnya sebagai sesuatu yang bernilai. Artinya Etika deskriptif ini  membahas mengenai fakta, yaitu mengenai nilai dan perilaku manusia sebagai suatu fakta yang terkait dengan situasi dan realitas yang membudaya.

b. Etika Normatif
Etika yang menetapkan berbagai sikap dan perilaku yang seharusnya dimiliki oleh manusia atau apa yang seharusnya dijalankan oleh manusia dan tindakan apa yang bernilai dalam hidup ini. Jadi Etika Normatif adalah  norma-norma untuk menuntun agar manusia bertindak secara baik sesuai dengan norma yang berlaku dimasyarakat.
 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar