Kamis, 24 September 2009

TUGAS DASAR PEMASARAN I

  • Menurut kami Pemasaran adalah:
Suatu kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan dan menjual suatu produk perusahaan kemasyarakatan,agar produk tersebut dapat terjual dan dapat di terima di pasaran juga masyarakat agar bisa mendapat keuntungan.

  • Penting atau Tidaknya Pemasaran:
Menurut kami Pemasaran itu sangat penting,karena dengan adanya Pemasaran suatu produk,masyarakat dapat mengetahui produk yang di pasarkan,yang dimaksud disini agar masyarakat mengetahui keunggulan atau kelebihan produk yang di pasarkan.

  • Manfaat dari Pemasaran:
Kita dapat memperoleh keuntungan sekaligus kebutuhan dan juga keinginan untuk dapat mencapai kelangsungan hidup.
  • Langkah-langkah untuk memasarkan suatu produk:
Promosi,yaitu pemberian secara informasi sehingga konsumen dapat mengetahui produk apa yang akan di pasarkan.
Dapat juga melalui perdagangan sehingga barang dapat di pasarkan langsung ke konsumen


Demikianlah jawaban yang telah saya dapat,kiranya bapak dapat memaklumi apabila ada kekurangan.

SWOT

Kami Ingo Boy dan Fredy Wijaya telah melakukan beberapa Analisis suatu Penelitian SWOT pada sebuah Salon RUTH ESTER pada beberapa hari yang lalu.
Pada Salon Ruth Ester di sana terdapat berbagai pelayanan seperti Potong Rambut(Pria&Wanita),rebonding,Smoothing,Creambath,dll.
Setelah kami menganalisis Salon Ruth Ester,terdapat beberapa kesimpulan yang dapat kami peroleh,seperti:



  1. Kekuatan
  • Dilihat dari segi modal,pada Salon Ruth Ester cukup menguntungkan karena pendapatannya sangat baik.
  • Dilihat dari segi lokasi,Salon Ruth Ester memilki lokasi yang sangat strategis yang dapat menarik banyak pelanggan.
  • Salon Ruth Ester buka dari jam 07.00 - 22.00 pm.Sehingga Salon tersebut dapat mempunyai kesempatan untuk menarik pelanggan lebih banyak daripada salon yang lainnya,itu dikarenakan jam kerja mereka yang lebih banyak dari pada salon lain.
  • Dilihat dari segi pelayanan,Salon Ruth Ester cukup memuaskan karena fasilitasnya yang sangat memadai.


2. Kelemahan
  • Salon Ruth Ester tidak dapat langsung sekaligus melayani pelanggan yang banyak secara bersamaan,dikarenakan pegawai dari Salon Ruth Ester yang sedikit.
  • Pegawai Salon Ruth Ester agak sulit bergaul dengan para pelanggan serta masyarakat sekitar.
  • Salon Ruth Ester juga agak pesimis,dikarenakan baru pertama kali menjalani usaha seorang diri.


3. Kesempatan
  • Salon Ruth Ester dapat mempunyai peluang untuk menaikkan harga pelayanan,karena kebutuhan peralatan Salon untuk sekarang relatif sangat mahal.
  • Salon tersebut juga mempunyai peluang untuk memprluas lapangan usahanya karena masih terdapat lahan kosong yang belum di bangun sehingga dapat memperluas kesempatan untuk menarik pelanggan yang banyak.


4. Ancaman
  • Terdapat banyak Kompetitor/pesaing,sehingga Salon Ruth Ester mengalami kesulitan untuk mendapatkan pelanggan.
  • Di tambah lagi salah seorang pegawai Salon Ruth Ester belum mempunyai Sertifikat ,sehingga para pelanggan meragukan Salon tersebut.



Demikianlah,Analisis SWOT yang telah kami analisa terhadap Salon Ruth Ester.Semoga Analisis yang kami buat dapat mencapai target sasaran SWOT yang dituju.
Semoga BApak Aris Budi Setiawan dapat memaklumi dan menerima dengan senang hati,meskipun apa yang kami kerjakan belum dapat mencapai sasaran SWOT yang dituju.
kami juga ingin sekali menerima Kritik dan Saran dari Bapak untuk dapat memperbaiki kesalahan dari apa yang sudah kami kerjakan.
Sekian dari kami,Saya ucapkan Terima Kasih